Sabtu, 13 Agustus 2011

Mengembalikan data yang sudah terhapus.

Nah di post saya kali ini akan membahas ngembalikan data yang sudah terhapus, tapi terhapusnya tidak ke recycle bin 

Menghapus file dengan cara menekan “shift+delete” jelas sangat efisien, namun juga beresiko. Kita tidak perlu melakukan kerja dua kali dengan mengosongkan Recycle Bin (di Windows), setelah menghapus sebuah file dengan menekan “delete”. Akan tetapi kita juga hampir tidak bisa berbuat apa-apa karena file yang sudah di “shift+delete”, telah benar-benar “pergi” dari komputer. Apalagi karena dilakukan dengan tidak sengaja.
Saya ingin berbagi sebuah cara sederhana yang cepat dan tidak ribet, untuk mengembalikan file yang sudah dihapus dengan cara menekan “shift+delete”. Perangkat lunak yang digunakan adalah Pandora Recovery.
Langkah-langkahnya adalah:
1. Download
Download Pandora Recovery di http://www.pandorarecovery.com/download/ . Tidak perlu membayar atau membajak untuk mendapatkannya (freeware). Ukurannya kurang lebih 3.12 MB. Bisa diinstal di sistem operasi Windows 2000, XP, Vista dan 7.
2. Install
Jalankan installer yang sudah didownload.

3. Mulai recovery
Setelah penginstalan selesai, “penyelamatan” data bisa dimulai.

Browse (no. 1 di gambar):  Fitur untuk penyelamatan data dengan metode normal. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan Windows Explorer di Windows. Anda bisa meng-klik di partisi mana saja, tempat file yang ingin ada selamatkan (dulu) berada. Otomatis akan terlihat file-file mana saja yang sudah dihapus. Lihat file mana yang anda cari, klik kanan, lalu pilih “recover to”. Pilih ke media mana, anda akan memindahkan data yang ingin diselamatkan tersebut.

Search (no. 2 di gambar): Fitur yang kurang lebih sama dengan fitur “advance search” yang biasa terdapat di beberapa website. Kita bisa mencari file terhapus, sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.

Surface Scan (no. 3 di gambar): Fitur untuk mencari file terhapus, tetapi dengan kemampuan pencarian yang lebih dalam dan terperinci. Fitur yang disarankan, jika anda tidak puas dengan dua fitur sebelumnya. Kita disediakan pilihan untuk mencari file dengan tipe yang kita inginkan. Ketika yang dicari sudah ditemukan, bisa segera diselamatkan dengan klik kanan, lalu ‘recover to’.
Memang ini bukan satu-satunya software yang bisa menyelamatkan file yang di-”shift+delete”. Pandora Recovery saya sarankan karena memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan cepat dan tidak merepotkan. Saya sudah coba beberapa software recovery lainnya, seperti GetDataBack dan TuneUp Undelete. Tapi tidak ada yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

z

Untitled Document